Beeswax zaman kuno – Madu adalah herbal yang sering kita temui dan sudah menjadi hal familier jika kita bisa menjumpainya maupun mengonsumsinya setiap hari. Rasa madu yang manis tentunya mudah disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa, apalagi jika dilihat dari segi manfaat maka madu juga sebagai hidangan alami yang memeberikan khasiat kesehatan yang banyak pula.

Namun tahukah anda bahwa proses panen madu bukanlah suatu hal yang mudah karena mengingat lebah sebagai penghasil madu memiliki sengat yang bisa terasa sakit jika mengenai kulit dan hal tersebut sangat menggangu ketika seseorang mencoba untuk mendekati sarang lebah.

Dari bukti peninggalan kuno yang telah ada ditemukan terdapat lukisan gua di valencia negara spanyol yang memiliki usia sekitar 8000 tahun menurut perhitungan ahli. Di dalam lukisan tersebut menunjukkan bahwa ada 2 orang yang mengumpulkan madu dan sarang lebah dari sarang lebah liar.

Di dalam gambar tersebut mereka menggunakan keranjang dan labu untuk mengangkut sarang lebah dan serangkai ikatan tali untuk menjangkau sarang. Dari bukti sejarah kuno ini kita bisa menyimpulkan jika penggunaan hasil panen dari lebah sudah mahsyur.

Namun jika kita bertolak dari perkembangan cara panen madu maka awalnya yaitu ketika para pemburu madu melakukan kegiatan panen dengan tidak menggunakan apapun melainkan hanya tongkat panjang yang digunakan untuk memukul sarang. Sesudah mereka memukul sarang maka mereka segera berlari untuk menjauhi sengatan lebah dan kembali ke tempat panen ketika kondisi sudah aman.

Berkembanglah pengetahuan yang membuat para pemburu tadi menggunakan asap dari tongkat yang terbakar untuk menaklukan lebah. Dengan cara tersebut panen lebih mudah untuk dilakukan dan para pemburu lebih aman dalam melakukan tugasnya.

Lebah tidak hanya menghasilkan madu, ada beberapa hasil panen yang didapatkan dari lebah yaitu royal jelly, bee pollen, beeswax, dan propolis. Dari sekian hasil panen yang dihasilkan lebah kita akan membahas lebih dalam mengenai beeswax.

Baca juga:  Apakah itu beeeswax

Beeswax atau lilin lebah ini merupakan lilin yang dihasilkan lebah untuk memperkuat sarangnya. Biasanya dalam produksi beeswax lebah mengorbankan produksi madu. Berdasarkan eksperimen yang pernah dilakukan bahwasanya 6,66 sampai 8,8 pound madu menghasilkan 1 pound lilin lebah.Bisa disimpulkan bahwa pembuatan lilin lebah ini tidak lepas dari produksi madu yang dihasilkan oleh lebah.

Lilin lebah ini atau yang akan kita sebut nantinya sebagai beeswax merupakan benda yang memiliki beragam manfaat untuk manusia. Dan penggunaan dari manfaat beeswax ini sudah terkenal di zaman dahulu bahkan juga dipakai pada zaman mesir kuno.

Beeswax sangat berkaitan erat dengan mesir kuno karena seringnya pemakaian beeswax pada zaman tersebut dan juga banyaknya benda peninggalan mesir kuno yang menggunakan beeswax sebagai bahannya.

Dalam hal ini peneliti pernah menemukan bahwa pada mumi terdapat beeswax yang digunakan oleh mereka sebagai bahan pengawet mumi ketika proses pembalseman. Pada benda yang lain beeswax juga digunakan oleh mereka untuk menutup peti mati, dalam hal ini ditujukan agar peti mati tersbut menjadi kedap udara sehingga membuat mumi lebih awet.

Di peninggalan lainnya yaitu pada dinding gua mereka menggunakan beeswax untuk melestarikan tulisan tulisan mereka di papirus. Dan hebatnya tulisan tersebut tidak berubah selama lebih dari 2000 tahun. Di dalam kesehatan pun pada zaman mesir kuno mereka telah menyerukan beeswax dalam berbagai formulasi pada resep yang berasal dari tahun 1550 SM.

Penggunaan beeswax lainnya yaitu sebagai salah satu bahan untuk membuat patung. Para pengrajin kuno menggunakannya dengan cara mematung objek dalam lilin lebah lalu melapisi objek dengan tanah liat. Kemudian mengeraskan tanah liat dengan panas.

Dengan panas yang membakar tanah liat maka lilin lebah akan meleleh dengan sendirinya meninggalkan cangkang tanah liat yang merupakan replika sempurna dari patung lilin lebah tadi. Dari cangkang tersebut  bisa dituangkan logam cair dan dibiarkan mengeras sebelum tanah liat dihilangkan.

Sekian sedikit bahasan untuk menambah wawasan kita semua bahwa beeswax memang hasil panen lebah yang sangat bermanfaat sampai sampai pada zaman dahulu banyak sekali kebergunaannya di masyarakat kuno.

Baca juga: Manfaat beeswax untuk kehidupan

Jadi janganlah ragu untuk menggunakan beeswax baik itu untuk pembuatan kosmetik ataupun penggunaan pembuatan benda benda lainnya karena manfaatnya sudah terjamin.

Order ke Kami Sekarang juga !!!

Hubungi nomor kami di 0856-4000-4490 (WA) atau 0823-2851-2311 (SMS) untuk pemesanan

Notabene

Untuk order dimohon segera dan secepatnya karena:

  1. produk perlebahan tidak bisa dijamin stoknya selalu ada karena sesuai kondisi di lapangan yang bisa berubah-ubah
  2. dan karena kondisi di lapangan yang berubah maka harga bisa juga

Terima Kasih

Bagikan Artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *